Table Manner Course Bersama Prodi Sarjana Terapan Tata Boga UNY 2023

Mahasiswa Program Studi Sarjana Terapan Tata Boga Kampus Wates telah menyelenggarakan Table Manner Course. Kegiatan ini diberi judul "Fine Dining, Table Manner Course, Niscala Restauran". Kegiatan ini dilaksanakan selaama tiga hari yaitu hari Selasa 28 November 2023, Rabu 29 November 2023, dan Kamis 30 November 2023. Kegiatan ini dibuka untuk umum dan reservasi dilakukan secara online. Pada suatu sesi kegiatan diawali dengan penyambutan kedatangan peserta yang sudah reservasi secara online. Setelah masuk ke ruangan laboratorium restoran yang sudah didekorasi bak restoran mewah dan dipersilakan duduk, peserta dijelaskan mengenai tema table manner yang diusung. Peserta dijelaskan mengenai aturan sosial dalam menyantap hidangan mulai dari cara duduk, cara memegang sendok hingga cara menyantap hidangan yang sesuai aturan table manner. Selanjutnya, peserta juga dipersilakan untuk men-download E-booklet Table Manner Guide pada link yang disediakan di meja makan.

Dengan diiringi lantunan musik instrumen, hidangan mulai disajikan oleh pelayan yang sudah berdandan cantik. Hidangan pertama yaitu Appetizer Krosert Salad yaitu Kroket yang dipadukan dengan rujak serut. Setelah selesai menyantap hidangan pertama, kemudian pelayan yang berdandan cantik berbusana formal tradisional Jawa mengambil mangkuk tempat sajian pertama. Kemudian dilanjutkan penyajian hidangan kedua yaitu Soup Kuwi Gendar yang merupakan kuah Betawi disajikan dengan kerupuk gentar. Setelah itu dilanjutkan dengan hidangan ketiga yang merupakan menu utama yaitu Roll Taliwang. Roll taliwang merupakan ayam bakar taliwang gulung denbagn nasi daun jeruk. Setelah menu utama, selanjutnya yaitu hidangan penutup berupa Dessert dengan nama Teler Geteaux yang merupakan es teler dengan gaya Eropa. Setelah hidangan penutup selesai disantap maka selanjutnya dilaksanakan sesi Barista Show. Dalam sesi Barista Show, peserta diberi pelatihan tentang coffee latte art, yaitu seni menyajikan kopi yang memiliki lukisan cantik di atasnya. Lukisan tersebut terbuat dari foam susu.

Setelah pelatihan coffee latte art selesai, peserta dipersilakan duduk kembali di tempat masih-masing dan saatnya pembayaran table manner course tersebut. Setelah pembayaran, peserta dapat men-download sertifikat pelatihan yanag telah disediakan oleh manajemen. Acara sudah selesai, kemudian peserta bisa meninggalkan restauran dengan diiringi dengan senyum ramah oleh semua panitia mulai dari koki, penyaji, hingga manajer table manner course.


Table manner merupakan suatu tata cara seseorang menggunakan aturan - aturan sosial dalam acara makan pada situasi formal. Setiap daerah maupun negara memiliki budaya yang berbeda-beda. Budaya yang berbeda-beda ini telah menjadikan aturan table manner juga berbeda-beda pula sesuai budayanya masing-masing. Belajar table manner berarti juga mempelajari budaya daerah atau negara masing-masing. Dengan mengikuti acara ini, maka peserta akan mendapatkan pengalaman  mengenai etiket perjamuan yang berisi tentang posisi duduk yang benar, cara menyantap roti, cara menyantap hidangan, cara menggunakan napkin, serta cara menggunakan alat.