Rapat Kerja Departemen Bosaris FV UNY 2023

Pada Hari Rabu 27 Desember 2023, Departemen Sarjana Terapan Tata Boga, Busana, dan Rias Kecantikan atau sering disebut Departemen BOSARIS Universitas Negeri Yogyakarta telah melaksanakan rapat kerja akhir tahun 2023. Kegiatan raker dilakukan di kawaan wisata Dieng Jawa Tengah. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh dosen dan tenaga kependidikan dari tiga program studi yang dinaungi oleh Departemen BOSARIS UNY.
Peserta kumpul di areal Rektorat UNY pada pukul 05.15 WIB. Sekitar pukul 06.00 rombongan berangkat dengan Bis Pariwisata Jumbo yang difasilitasi oleh INT Wisata sebagai rekanan biro perjalanan. Pada awal keberangkatan, Prof. Kokom Komariah memimpin do'a perjalanan. Kurang lebih perjalanan selama tiga jam akhirnya pukul 09.00 rombongan sampai di Rumah Makan Harmoni di Wonosobo untuk transit armada. Transit armada dilakukan karena medah menuju kawasan wisata pegunungan dieng sangat ekstrim tanjakannya.
Setelah Tour Guide dan Tour Leader memberi pengarahan, rombongan dipecah menjadi tiga bis mini dengan kapasistas 13 peserta per bis mini. Setelah sekitar satu setengah jam perjalanan akhirnya rombongan telah sampai di kawasan wisata pegunungan Dieng pada pukul 11.00. Lokasi pertama yang dikunjungni yaitu kawasan Candi Arjuna. Tour Guide menjelaskan tentang seluk beluk Candi tersebut. Disela-sela kunjungan ke Candi Arjuna, Kepala Departemen BOSARIS UNY yaitu Bapak Triyanto, S.Sn., M.A. telah memberikan pengarahan dan motivasi kepada dosen-dosen prodi yang di bawah naungan departemen.
Selanjutnya rombongan menuju lokasi berikutnya yaitu kawah Sikidang. Sebelum sampai kawasan kawah Sikidang, rombongan berhenti makan siang di rumah makan areal dataran tinggi Dieng. Setelah makan siang, selanjutnya ibadah sholat Dzuhur di masjid areal dataran tinggi Dieng. Kemudian sekitar pujuk 14.00 WIB rombongan tiba di kawasan kawah Sikidang. Rombongan masuk ke lokasi kawah Sikidang dengan menembus kepulan asap dari kawah yang beraroma belerang.Setelah sekitar 30 menit di areal kawah Sikidang, kemudian rombongan menuju jalan keluar areal dengan memasuki kawasan toko-toko yang meyediakan buah tangan atau cindera mata khas Dieng.
Selanjutnya rombongan menuju ke kawasan Ratapan Angin, dan berhubung hujan maka dialihkan ke gedung teater untuk menonton bersama film dokumenter yang membahas masalah Dataran Tinggi Dieng yang didalamnya ditampilkan peristiwa 1979 di kawah Sinila yang memakan ratusan korban jiwa. Setelah waktu cukup menonton film dokumenter, selanjutnya rombongan turun ke transit yaitu di Rumah Makan Harmoni di kota Wonosaba dengan waktu perjalkanan sekitar satu setengah jam.
Sampai di areal transit RM Harmoni, waktu sudah memasuki sholat Maghrib, rombongan belanja oleh-oleh dan dilanjutkan makan malam. Disela acara makan malam, Bapak Kepala Departemen, Bapak Triyanto, S.Sn., M.A., memberikan penguatan pada Bapak/Ibu dosen terkait tagihan Tridarma Perguruan Tinggi. Setelah semua selesai melaksanakan ibadah sholat, selanjutnya rombongan kembali ke Bus dan menuju ke Yogyakarta.